Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Pengertian Penduduk

Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
  • Orang yang tinggal di daerah tersebut 
  • Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. 
Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Sumber: Wikipedia

Bisa disimpulkan bahwa penduduk adalah orang yang berada dalam suatu wilayah lalu tinggal di wilayah tersebut dan secara hukum atau diakui secara resmi memiliki hak untuk tinggal di wilayah tersebut.

Pengertian Masyarakat

Menururt Kuntjaraningrat yang saya kutip dari buku IPS SMK.
Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu dan terikat oleh rasa identitas bersama. 
Dan menurut sumber wikipedia kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Bisa disimpulkan bahwa masyarakat adalah sekelompok penduduk. Sekelompok penduduk yang saling beriteraksi dan saling tergantung satu sama lain, sesuai dengan adat masyarakat itu sendiri.

Pengertian Kebudayaan 

Menurut Kuntjaraningrat yang saya kutip juga dari buku IPS SMK.
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri dengan cara belajar.
Sedangkan menurut wikipedia. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Definisinya budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Kesimpulannya budaya itu adalah semua unsur tindakan yang berkaitan dengan akal atau budi para masyarakat.

Keterkaitan antara Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan


Dari semua kesimpulan yang saya dapat, dapat diartikan bahwa penduduk, masyarakat dan kebudayaan memiliki keterkaitan yang sangat erat. Penduduk adalah sekumpulan orang/manusia, masyarakat adalah sekumpulan penduduk dan kebudayaan berasal dari masyarakat. Tidak akan terbentuk kebudayaan jika tidak adanya masyarakat, lalu tidak ada masyarakat yang terbentuk jika tidak adanya penduduk. Ketiga hal ini tidak dapat dipisahkan. Segala sesuatu yang terdapat di masyarakat juga ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Seiring berjalannya waktu kebudayaan bisa saja berubah. Banyak sekali faktor yang memengaruhi kebudayaan masyarakat, contohnya perkakas/peralatan/teknologi. Kebudayaan masyarakat zaman dahulu bisa jadi berbeda dengan kebudayaan masyarakat zaman sekarang oleh faktor tersebut lalu dijadikan cara belajar oleh masyarakat tersebut dan berkembang. Jadi masyarakat akan mengikuti sesuai dengan perkembangan zaman dan akan membentuk kebudayaan baru.

Sedikit himbauan dari dan untuk masyarakat Indonesia.. Jangan lupa mari kita..
:D

Sumber gambar: Google