Internet of Things (IoT)


Dalam kemajuan penggunaan internet, banyak sekali perbaruan sejumlah besar perangkat di dunia yang menggunakan internet. Ada ramalan beberapa orang yang menggambarkan bahwa masa depan internet adalah suatu akses utama dalam segala hal yang berkaitan dengan kehidupan, sebagai contoh kota pintar, tranportasi pintar, gedung,energy, kesehatan yang memerlukan internet.

Internet masa depan hanyalah sebuah langkah kecil bagi semua manusia untuk menggapainya. Karena beberapa dari itu semua sudah bisa kita temui saat ini. Intinya internet adalah jalur utama dari hubungan komunikasi. Disebutkan bahwa akan menggantikan sistem energi lama dengan sistem energi pintar yang terintegrasi dengan jaringan yang mampu berinteraksi apabila ada perubahan atau kekurangan. Internet akan mengatur segala sesuatunya, sebagai contoh rumah masa depan akan diintegrasikan langsung dengan internet dimana internet bertugas mencatat setiap penggunaan energi dan segala sesuatunya, lalu dibuat daftar rincian pembayaran setiap bulannya.

Internet of Things mengacu pada kemampuan setiap objek yang terhubung dengan internet untuk mengirimkan data dan menerima data.




Menurut Wikipedia, internet of things adalah interkoneksi yang unik antara embedded computing devices dalam infrastruktur internet yang ada. Sebuah publikasi mengenai Internet of things in 2020 menjelaskn bahwa internet of things adalah suatu keadaan ketika menda memiliki identitas, bisa beroperasi secara intelijen, dan bisa berkomunikasi dengan sosial, lingkungan, dan pengguna. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa internet of things membuat kita membuat suatu koneksi antar a mesin dengan mesin, sehingga mesin - mesin tersebut dapat berinteraksi dan bekerja secara independen sesuai dengan data yang diperoleh dan diolahnya secara mandiri. Tujuannya adalah untuk membuat manusia berinteraksi dengan benda dengan lebih mudah, bahkan supaya benda juga bisa berkomunikasi dengan benda lainnya.

Pada tahun 2014, pandangan dari internet of things telah berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi dan penggabungan dari beberapa teknologi, mulai dari komunikasi wireless ke internet, dan dari embedded system ke micro - electromechanical system (MEMS). Hal ini berarti bahwa semua bidang di dunia ini akan memiliki kontribusi dalam membangun internet of things. Beberapa tahun ke depan mungkin kita akan melihat bagaimana sensor - sensor berkembang dan memengaruhi dunia. Akan banyak perusahaan yang menggunakan internet of things, dan ada yang mengembangkannya. Internet of things saat ini masih sangat baru dan masih bisa dikembangkan.


Bagaimanakah manfaat atau pengaplikasian Internet of Things untuk masa yang akan datang? Mungkin dunia akan seperti di film-film atau di game-game, yang semuanya serba mudah dan terkoneksi dengan internet. Mari kita lihat saja :D